• • • •

Senin, 01 Oktober 2012

Tidak Ada Waktu Terlambat Untuk Memperbaiki Diri








Kita selalu hidup saling ketergantungan. Suatu hal yang tidak mungkin jika kita hidup menyendiri tanpa berhubungan dengan orang lain di sekitar kita ataupun di masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu kita harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dimana kita tinggal ataupun hidup bermasyarakat.

Sebagai contoh yang sudah umum misalnya, keperluan hidup kita terhadap pakaian. Namun kita tidak mempunyai bahan untuk pakaian itu. Atau kita memang tidak bisa membuatnya sendiri. Dengan adanya kebutuhan seperti itu kita selalu perlu bantuan orang lain untuk mengerjakannya. Kita perlu seorang tukang jahit untuk membuat pakaian. Dan untuk membalas jasanya, kita memberikan sejumlah uang sesuai perjanjian yang telah ditentukan.




Dengan contoh sederhana seperti itu, secara tidak langsung kita telah diajarkan untuk menghargai pengorbanan orang lain. Mulai dari pendidikan dasar di sekolah, kita telah diajarkan bersikap disipin, tertib dan mentaati peraturan di sekolah. Jika saja kita bisa melakukan semua peraturan itu dalam diri kita, sudah tentu dalam kehidupan bermasyarakat (seharusnya) sikap itu akan ikut terbawa.

Kita bisa saja dikatakan makin dewasa, usia kita juga makin bertambah, hendaknya dari sekarang kita belajar lebih sungguh-sungguh untuk menyongsong masa depan kita yang menjadi tanggung jawab kita sendiri. Kita mesti mencoba menilai suatu pengalaman sebagai cermin dalam hidup untuk melangkah dan menuju masa depan yang lebih baik. Jika gagal, anggaplah kegagalan itu sebagai keberhasilan yang tertunda. Mari kita saling mengisi kekurangan satu sama lain. Dan bila ada masalah yang tidak sanggup kita atasi sendiri, marilah kita pertimbangkan bersama secara adil dan bijaksana.

Belajarlah bagaimana caranya bergaul agar disenangi orang-orang di sekitar kita. Orang yang dikatakan dewasa tidak hanya dilihat dari usianya saja, tapi juga dinilai dari cara berpikirnya, sikap ataupun cara bicaranya. Dengan adanya tulisan yang tiada bermakna ini, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi teman-teman semua. Rajin-rajinlah membaca buku, karena dengan membaca kita dapat mengembangkan kemampuan mental dan pengetahuan kita.
Jangan lupa untuk selalu mengucapkan: “Selamat Membaca!”
Sekedar celotehan dari berbagai sumber.


Sumber gambar: fivehens.com