• • • •

Minggu, 23 September 2012

Guru Besar Bangsa

                        

                        Almarhum K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur memang fenomenal. Ia dikena
sebagai pribadi yang unik dan otentik. Otentisitasnya inilah yang membuat ia
senantiasa dikenang.
Semasa hidup, pernyataan Gus Dur seringkali nyeleneh dan kadang-kadang bikin telinga merah bagi yang merasa tersindir.

Tapi faktanya, Gus Dur merupakan sosok yang dicintai. Saat wafat ditangisi banyak orang. Semua orang berebut mengucapkan selamat jalan. Insan-insan dari berbagai agama berlinangan airmata dan mendoakan perjalanannya ke alam yang baru.

Saking populernya Gus Dur, bahkan ada pula yang memanfaatkan wafatnya Gus Dur demi kepentingan politik. Tapi sudahlah, buku elektronik ini tak hendak membahas itu. Sekali lagi, Gus Dur memang sosok otentik yang pupulis dan dicintai. Entah kapan bangsa ini punya anak bangsa sekelas Gus Dur lagi.

Kumpulan Humor Gus Dur di Internet ini bukan hasil pikiran saya. Saya hanya mencomot sana-sini, lantas menjahitnya jadi satu. Bahan-bahannya saya ambil dari berbagai blog dan website.
Saya menemukan banyak sekali humor-humor Gus Dur di internet. Humor-humor Gus Dur di berbagai blog ur tentang A, misalnya, bisa ditemukan di blognya “si fulan” atau “si fatul”, tapi humor tersebut tak ditemukan di blognya “si minah”. Sebaliknya, di blog “si minah” ditemukan humor lain seputar Gus Dur.

Saya lihat indan website saling melengkapi. Humor Gus Dtensitas penulisan humor Gus Dur di internet meningkat setelah Gus Dur wafat. Saya sendiri juga mengupload tautan-tautan humor Gus Dur di internet, di salah satu blog saya. Dan
ternyata, sampai kini posting saya tersebut banyak dilihat dan didownload.
Humor-humor Gus Dur atau ala Gus Dur tak hanya lucu, seringkali sarkastis dan mengandung banyak pembelajaran. Inilah salah satu warisan Gus Dur bagi bangsa
ini. Humor yang reflektif. Anekdot yang bermakna.


Selamat menikmati.


Dikompilasi oleh:
greenourheart
greenourheart@gmail.com